Entri Populer

Jumat, 04 November 2011

Ciliwung Goes To School (SMP Kanisius Jakarta dan SMKN 1 Bogor)


Kampanye dan Sosialisi Pentingnya Air dan Sungai Di Sekolah SMP Kanisius Menteng Jakarta (foto: Nana Raju)

Tulisan : sudirman Asun

Hari yang berbeda tidak seperti biasanya kami janjiaan bertemu dan berlegiatan di pinggir Sungai Ciliwung, memperoleh kesempatan ditawari untuk berkampanye dan sosialisasi di kelas depan murid-murid anak sekolah menjadi tantangan tersendiri untuk bisa mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk ikut peduli terhadap penyelamatan atas kerusakan sungai- sungai di sekitar kita terutama Sungai ciliwung.

Walaupun dengan perasaan nervous sedikit gugup berbicara di depan ratusan murid- murid sekolah, saya dan teman-teman sangat gembira bisa bercerita banyak tentang pentingnya menjaga sungai sebagai sumber kehidupan yaitu “AIR”.

Pentingnya menyelamatkan Sungai Ciliwung karena sebagai pemasok bahan baku air PDAM dan sumber protein ikan walaupun kondisi sekarang dalam keadaan tercemar berat oleh limbah Industri, limbah cair maupun sampah rumah tangga dan terakumulasi di laut Teluk Jakarta sebagai pemasok konsumsi ikan Jabodetabek.

Banyak hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dilakukan siapa saja dalam penyelamatan sumber daya air terutama sungai seperti menghemat pengunaan air, menolak kemasan makanan STYROFOAM, mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai buang, membuang sampah pada tempatnya, membawa botol minuman sendiri dari rumah yang bisa diisi ulang, menanam pohon, membuat biopori/ sumur resapan mengurangi air hujan langsung terbuang menjadi air permukaan.

Bersama teman-teman Irma Dana, Henry Adam dari Komunitas Peduli Ciliwung Bogor, Nana Raju dari Teens Go Green dan Ucup Apri Viries dan Cecil Juliana Priscilla Dewi dari Young Transformer (Transformasi Hijau) yang rutin mulung sampah di Sungai Ciliwung dan Hutan Mangrove Angke muara salah satu muara dari Sungai Ciliwung, pada bulan Oktober 2011 berkesempatan berkampanye dan sosialisasi penyelamatan sumber daya alam sungai atas undangan sekolah SMP Kanisius Jakarta dan SMKN 1 Kota Bogor.

Harapan kami semoga dengan membawa kepada anak-anak sekolah gambaran terkini dari kondisi Ciliwung yang kritis saat ini, timbul rasa kepeduliaan akan lingkungan sekitar mulai dari usia anak sekolah.

Mereka sebagai masa depan bangsa, mereka bisa belajar banyak dari kesalahan kesalahan pendahulu mereka, dan apabila mereka menjabat di pemerintahan bisa mengambil langkah dan kebijakan yang lebih konkrit dalam pelestariaan dan keberlangsungan sumber daya alam di Indonesia.

Terima kasih kami untuk SMP Kanisus Jakarta dan SMKN 1 Bogor
untuk Undangan kesempatan sosialisasi dan kampanye sungai di sekolah.


Semangat muda Kampanye Penyelamatan Sungai oleh teman-teman Teens Go Green dan Young Transformer di depan murid-murid SMP Kanisius


Nana Teens Go Green menerangkan Bahaya penggunaan kemasan makanan Styrofoam bagi kesehatan manusia dan pencemar samapah nomor 2 di sungai dan perairan.


Saya mencoba memberi penjelasan dalam bentuk gambar dan video kegiatan (SMP Kanisius , Foto: Nana Raju).


Mba Irma dari Komunitas Peduli Ciliwung Bogor membagi cerita tentang pengalaman berkegiatan di Sungai Ciliwung kepada pelajar gabungan sekota Bogor di SMKN 1 Kota Bogor.



One Earth One Future “pelestarian air & dialog interaktif mengenai lingkungan” oleh SMKN Bogor dan gabungan pelajar setingkat SMA Kabupaten dan Kota Bogor


Dialog interaktif dengan peserta pelajar setingkat SMA gabungan Kabupaten dan Kota Bogor.


Penjelasan dari Pak Anton perwakilan BPLH Kota Bogor



Pembuka acara Penyanyi Solo dan iringan akustik dari siswa .


Selingan Apresiasi Keseniaan Daerah oleh pelajar SMKN 1 Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar